photo headerpage450x150_zpsa3a1299a.gif

Semangat Perjuangan

Perlu ada upaya untuk membangkitkan kembali semangat kebangsaan maupun perjuangan melawan kemiskinan, kebodohan, dan keterbelakangan.

 

SEBELUM Indonesia merdeka, pondok pesantren   memegang peranan penting dalam membantu memberikan semangat jihad.  Kini, semangat jihad itu harus tetap ditumbuhkan. Sebab, meski negara kita memiliki sumber daya alam terbesar di kawasan ASEAN, tapi Indonesia masih berada pada posisi keempat dalam bidang sumber daya manusianya. Tetapi, kalau ditinjau dari segi Human Development Indeks yang dikeluarkan UNDP, negara Indonesia masih berada di urutan ke-110. Indonesia masih berada dua tingkat di bawah Vietnam, artinya kondisi negara kita masih sangat berat.

 

Untuk itu, perlu ada upaya untuk membangkitkan kembali semangat kebangsaan maupun perjuangan (jihad) melawan kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan. Saat ini banyak masyarakat kita yang berada pada posisi acuh tak acuh. Mereka cenderung berbuat untuk dirinya sendiri, mereka tidak berpikir untuk kemajuan bangsanya.

 

Guna memacu semangat hidup itu, perlu mengingat kembali nilai-nilai perjuangan dan semangat kebangsaan. Yang terpenting, bagaimana kita menyadari bahwa bangsa ini sangat besar, tetapi kalau tidak diikuti dengan perjuangan tentu tidak akan ada gunanya.

 

Dan, perjuangan itu harus dilakukan oleh seluruh komponen bangsa. Kita jangan hanya bisa menyalahkan semata, tetapi juga harus bisa berbuat sesuatu. Dengan begitu secara bersama-sama, baik pihak pemerintah, masyarakat dan pimpinan keagamaan harus bisa berbuat untuk bangsa ini.

 

Tabligh atau taklim-taklim yang dilakukan pondok pesantren sangat ampuh dalam memberikan pencerahan ataupun semangat kebangsaan bagi umat. Pondok Pesantren Assafi’iyah Jakarta, misalnya, setiap Sabtu dan Minggu menggelar majelis taklim. Para ustadz maupun ustadzah bergantian memberikan ceramah. Dengan begitu, baik ustadz maupun ustadzah bisa memberikan pencerahan bagi para anggota majelis taklimnya.

179 total views, 1 views today

 photo BanggaJadiOrangIndonesia450x100_zps0d4b1445.jpg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>